Home > 99+ Ways > Pentingnya Pencernaan Anak untuk Dukung Tumbuh Kembang nya
Gambar 11 Pentingnya Pencernaan Anak untuk Dukung Tumbuh Kembang nya

Pentingnya Pencernaan Anak untuk Dukung Tumbuh Kembang nya

Happy parents, menyaksikan si Kecil tumbuh dan berkembang secara optimal pasti menjadi salah satu harapan terbesar orang tua. Tapi, tahukah Moms and Dads kalau ternyata kualitas tumbuh kembang si kecil sangat erat kaitannya dengan kebahagiaan dirinya? Kebahagiaan ternyata dapat mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan si kecil, seperti kesehatan fisik, mental, sosial-emosional, dan prestasi akademik1,2.

 

Si Kecil yang bahagia akan tumbuh menjadi pribadi yang aktif, kooperatif, percaya diri, mudah bersosialisasi, memiliki motivasi untuk berprestasi akademik, dan secara umum memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik.1,3 Nah, mungkin sekarang Moms and Dads jadi bertanya-tanya, “Kalau begitu, apa ya yang bisa kami lakukan supaya si kecil grow happy?”. Ternyata bukan hanya dengan bermain dan menghabiskan waktu bersama, tapi Pencernaan Anak yang terjaga juga menjadi salah satu faktor yang mendukung.

 

Seiring berkembangnya penelitian tentang bagaimana Pencernaan Anak bekerja, ditemukan bahwa jenis makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh pada kondisi saluran cerna dan berdampak pada kesehatan fisik. Jika tubuh dianalogikan sebagai mobil, maka saluran cerna adalah mesinnya. Agar mobil nyaman digunakan, tentu mesin mobil harus dalam kondisi prima. Sama halnya dengan tubuh Si Kecil, agar bisa beraktivitas sehari-hari dengan optimal, tentu saluran cernanya harus dalam kondisi yang baik. Salah satu asupan yang bermanfaat bagi saluran cerna adalah makanan yang mengandung probiotik. Probiotik merupakan bakteri baik yang diperlukan untuk melindungi saluran cerna si kecil. Beberapa contoh bakteri baik adalah Lactobacillus, Bifidobacterium, dan Streptococcus. Probiotik banyak ditemukan di makanan berfermentasi seperti yogurt, kefir, miso, kimchi, kombucha, dan produk asupan kemasan, seperti susu, yang disuplementasi probiotik.

 

Selain kesehatan fisik, saluran cerna yang sehat juga akan berpengaruh terhadap mood Si Kecil menjadi lebih positif dan bahagia. Perubahan mood ini tidak lepas dari peran happy hormone, salah satunya adalah serotonin.7 Fakta menariknya, 95% serotonin tubuh diproduksi di saluran cerna terutama di usus loh, Moms and Dads!8 Serotonin ini diproduksi oleh sel usus dengan bantuan bakteri baik atau probiotik yang hidup disekitarnya. Nah, apabila usus sehat dan keseimbangan bakteri baik di usus si kecil terjaga, produksi serotonin juga akan optimal sehingga si kecil bisa grow happy dan berkembang dengan optimal. 

 

Wah, ternyata makanan yang dikonsumsi si kecil itu fungsinya banyak sekali ya, happy parents! Bukan hanya untuk mengenyangkan, makanan juga besar sekali pengaruhnya untuk kesehatan pencernaan, kebahagiaan, bahkan tumbuh kembang yang optimal. Oleh karena itu, yuk kita pastikan si kecil mengonsumsi makanan yang beraneka ragam, bergizi seimbang, dan mengandung probiotik!

Temukan 99+ Cara Dukung
Si Kecil Grow Happy di Sini