Agar Pencernaan Anak Tetap Sehat

4 Kebiasaan yang Harus Dihindari agar Pencernaan Anak Tetap Sehat

Moms, 80% dari sistem kekebalan tubuh terdapat dalam saluran pencernaan, lho. Karenanya, menjaga sistem pencernaan anak adalah hal yang penting untuk dilakukan. Apalagi mengingat pada usia dini saluran cerna Si Kecil masih belum terbentuk sempurna.
 

Louise Goldberg, RD, LD, pemilik konsultan nutrisi di Texas, Amerika Serikat yang sempat menjadi ahli nutrisi di Children’s Memorial Hermann Hospital, mengatakan bahwa agar sistem pencernaan anak menjadi sehat, anak memerlukan serat, cairan dan gerak tubuh yang cukup. Sehubungan dengan itu, untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan anak,  maka ada kebiasaan-kebiasaan yang sebaiknya juga dihindari ya, Moms. Simak apa saja kebiasaan tersebut di bawah ini, yuk.

 

  1. Makan terlalu cepat

    Makan terlalu cepat atau terburu-buru dapat membuat Si Kecil sakit perut, makan terlalu banyak, makan terlalu sedikit, atau makan apa yang ada sehingga tidak memenuhi kebutuhan nutrisinya. Ayo biasakan Si Kecil untuk duduk saat makan dan kurangi gangguan seperti televisi atau gadget. Ajak Si Kecil untuk mengenal dan menikmati apa yang ia makan. Ajarkan pula Si kecil untuk mengenal sinyal yang diberikan tubuhnya saat lapar atau saat sudah kenyang.
     
  2. Pilih-pilih makanan

    Jika Si Kecil suka pilih-pilih makanan, ia akan sulit mendapat asupan nutrisi yang seimbang. Apalagi jika Si Kecil tidak suka sayur atau buah yang berakibat ia kekurangan serat, padahal serat dibutuhkan untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan anak. Kebiasaan lain berhubungan dengan pilihan makanan anak yang perlu dihindari adalah terlalu sering makan jajanan. Makanan yang disajikan Moms di rumah tentu lebih terjaga kandungan nutrisi dan kebersihannya sehingga lebih baik bagi kesehatan sistem pencernaan anak.
     
  3. Kurang minum air putih

    Menjaga kesehatan pencernaan anak memang membutuhkan asupan cairan yang cukup. Tetapi Moms sebaiknya tetap membiasakan Si Kecil untuk minum banyak air putih dan menghindari minuman kalori tinggi yang terlalu banyak.
     
  4. Kurang aktivitas fisik

    Seperti yang disebutkan di atas, aktivitas fisik yang cukup dibutuhkan untuk memastikan sistem pencernaan anak bekerja dengan baik. Karenanya, yuk hindari Si Kecil terlalu banyak diam saja di depan televisi atau gadget. Aktivitas fisik yang cukup akan membantu menjaga berat badan Si Kecil, mencegah konstipasi, dan juga membuat Si Kecil lebih percaya diri.
     

Agar Si Kecil bisa terhindar dari kebiasaan-kebiasaan di atas, tentunya Moms juga perlu menghindarinya, ya. Jika Si Kecil melihat Moms melakukan kebiasaan yang baik bagi kesehatan pencernaan, tentu akan lebih mudah untuk membiasakan Si Kecil pula. Si Kecil yang bebas gangguan pencernaan jadi bisa beraktivitas dengan happy!