Artikel ini akan membahas mengenai ciri-ciri yang dapat dilihat Moms apabila pencernaan anak dalam keadaan sehat atau nyaman

4 Tanda Anak Memiliki Saluran Cerna yang Baik

Tahukah Moms, 80% dari sistem kekebalan tubuh Si Kecil terdapat dalam saluran pencernaannya, lho. Karenanya, kesehatan pencernaan anak yang sehat penting untuk mendukung kesehatan tubuh secara umum. Selain itu, ada hubungan interaksi dua arah antara sistem pencernaan dan otak, yang dikenal dengan istilah gut-brain axis. Hal ini menunjukkan bahwa selain penting untuk menjaga kesehatan fisik, pencernaan yang sehat juga penting untuk mendukung proses kerja otak Si Kecil.

Nah, apakah sistem pencernaan Si Kecil sehat, Moms? Untuk mengetahuinya, yuk simak 4 ciri-ciri pencernaan anak sehat atau bahwa si Kecil memiliki kenyamanan sistem pencernaan berikut ini.

1. Jumlah bakteri baik dalam saluran cerna Si Kecil lebih banyak daripada jumlah bakteri jahat.

Bakteri baik yang ada di saluran pencernaan anak akan membantu memecah makanan menjadi nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, semakin banyak bakteri baik yang ada di dalam saluran cerna, maka akan semakin sedikit pula ruang yang ada bagi bakteri jahat.3 Karena itu, salah satu ciri-ciri pencernaan anak sehat adalah jumlah bakteri baik yang lebih banyak dibanding bakteri jahat di saluran cernanya.

2. Pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil sesuai dengan yang direkomendasikan.

Melihat ciri-ciri pencernaan anak sehat atau bahwa anak memiliki kenyamanan pencernaan juga bisa Moms lakukan dengan memantau tumbuh kembang anak. Misalnya dengan merujuk pada kurva WHO atau Buku Kesehatan Ibu dan Anak yang dikeluarkan Kementrian Kesehatan. Fungsi saluran cerna sebagai penyedia zat gizi dan energi yang dibutuhkan tubuh Si Kecil, membangun imun tubuh, membantu kerja otak. Semuanya dibutuhkan anak agar proses tumbuh kembangnya optimal.

3. Si Kecil jarang mengalami gangguan pencernaan.

Sistem saluran pencernaan anak memang belum terbentuk dengan sempurna sehingga ia mudah terkena gangguan pencernaan.1 Si Kecil yang saluran cernanya sudah baik dan memiliki kenyamanan saluran umumnya lebih jarang mengalami gangguan pencernaan seperti gumoh, kolik, konstipasi, diare dan lainnya.

4. Nafsu makan Si Kecil baik dan nutrisi yang masuk dapat terserap dengan baik.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, saluran pencernaan berperan penting untuk menjaga kesehatan si Kecil pada umumnya1 dan juga merupakan faktor penting dalam proses menyerapan nutrisi dalam tubuh. Si Kecil yang mengalami gangguan pencernaan bisa kehilangan nafsu makan. Karenanya, ciri-ciri pencernaan anak sehat yang bisa Mom perhatikan pula adalah nafsu makan yang baik.

Selain mengenali cici-ciri pencernaan anak sehat, jangan lupa untuk juga mencari tahun gejala gangguan pencernaan yang mungkin dialami Si Kecil ya, Moms. Dengan begitu, Moms bisa dengan cepat mengenali dan mengatasinya.