Gambar 11 5 Cara Mencegah Anak Mengalami Diare

5 Cara Mencegah Anak Mengalami Diare

Diare adalah salah satu gangguan pencernaan yang umum terjadi pada anak-anak. Anak bisa mengalami diare karena memang ada gangguan pada saluran pencernaan, mengingat pada usia dini sistem pencernaan anak memang belum matang. Diare bisa terjadi karena infeksi mikroba, virus atau karena ada bakteri yang masuk ke dalam saluran pencernaan.

 

Anak mencret tentu membuat Moms cemas. Apalagi saat anak mencret, ia jadi sulit makan dan rentan mengalami dehidrasi. Karena itu, tentunya lebih baik apabila kita bisa mencegah agar anak tidak mengalami diare. Berikut ini adalah 5 hal yang dapat Moms lakukan untuk mencegah diare pada anak.

 

  1. Biasakan Si Kecil untuk rajin mencuci tangan dengan cara yang benar. Terutama setelah ke toilet dan sebelum makan sehingga tidak ada kuman penyakit yang mungkin ada di tangan dan kuku dan kemudian masuk ke pencernaan anak.

 

  1. Pastikan kebersihan makanan dan minuman yang disantap anak. Hal ini bisa dilakukan dengan menyiapkan makanan sendiri di rumah, mencuci bersih semua buah dan sayuran, dan juga mencuci bersih peralatan makan dan minum yang digunakan. Hindari pula kebiasaan jajan sehingga anak juga terbiasa makan makanan yang dipersiapkan di rumah.

 

  1. Menyimpan semua bahan makanan dengan baik agar tidak terpapar bakteri. Misalnya dengan segera menyimpan daging mentah di lemari es dan memastikan daging matang sempurna saat dimasak.

 

  1. Menjaga kebersihan lingkungan rumah, mengingat diare bisa terjadi akibat bakteri dan kuman. Biasakan pula untuk membuang sampah pada tempatnya dan mengolah sampah, khususnya sampah organik yang dapat membusuk, dengan baik sehingga tidak dihampiri lalat maupun tikus yang bisa membawa kuman penyakit.

 

  1. Pastikan Si Kecil mendapat asupan probiotik yang cukup. Penelitian menunjukkan bahwa probiotik berperan menjaga kesehatan saluran pencernaan sehingga dapat menghindari anak mencret.

 

Jadi, untuk menghindari anak mencret, yuk biasakan hidup sehat dengan menjaga kebersihan diri serta lingkungan, menjaga kebersihan makanan dan minuman, dan memastikan anak mendapat asupan probiotik yang cukup untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaannya.