Gambar 9 Jenis Makanan untuk Mencegah Konstipasi pada Anak

Jenis Makanan untuk Mencegah Konstipasi pada Anak

Sembelit atau konstipasi merupakan salah satu keluhan utama gangguan pencernaan pada anak-anak. Bahkan sekitar 40% dari anak-anak dengan konstipasi mengalaminya dalam satu tahun pertama kehidupannya. Salah satu penyebab konstipasi pada anak adalah pola makan yang tidak seimbang. Nah, daripada mengobati setelah konstipasi terjadi, tentunya lebih baik Moms mencegah agar konstipasi pada anak tidak sampai terjadi. Salah satu cara yang utama adalah dengan memberikan jenis-jenis makanan yang tepat untuk mencegah konstipasi. Apa saja sih yang termasuk dalam kelompok makanan ini? Penjelasannya bisa Moms baca di bawah ini.

 

  1. Minum air yang cukup

Ketika makanan yang disantap anak melewati usus, tubuh akan menyerap air dalam makanan tersebut. Yang tersisa kemudian akan menjadi feses yang kemudian akan digerakkan oleh otot untuk dibuang dari tubuh. Tetapi, jika gerakan ini melmbat, usus akan mneyerap air terlalu banyak. Akibatnya feses menjadi kering dan keras sehingga sulit dikeluarkan. Dengan mengonsumsi air yang cukup akan membantu agar hal ini tidak sampai terjadi. 

 

  1. Makan makanan berserat

Serat adalah bagian dari makanan yang berasal dari tumbuhan yang tidak dapat dipecah oleh tubuh. Jika tubuh mendapat banyak serat, serat tersebut akan membantu pencernaan dan juga membantu feses tetap lunak. Berikut ini adalah bahan pangan yang dapat Moms sajikan bagi Si Kecil untuk memastikan ia mendapat asupan serat yang cukup.

  • Sayur-sayuran
  • Gandum
  • Kacang-kacangan
  • Buah-buahan

 

  1. Probiotik

Probiotik dapat ditemukan dalam berbagai makanan dan minuman yang melalui proses fermentasi. Mengonsumsi probiotik yang cukup dapat membantu memastikan jumlah bakteri baik di dalam saluran pencernaan sehingga lebih lancar BAB dan tidak mengalami konstipasi pada anak. Berikut ini adalah beberapa contoh makanan dan minuman yang mengandung probiotik.

  • Susu yang ditambahkan probiotik
  • Yogurt
  • Tempe

Selain memastikan makanan Si Kecil seimbang kandungan gizinya dan ia mendapat asupan cairan yang cukup, untuk mencegah konstipasi pada anak jangan lupa ajak Si Kecil untuk aktif bergerak juga ya, Moms.