Gambar 10 Apa yang Harus Dilakukan Jika Anak Konstipasi saat Toilet Training

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anak Konstipasi saat Toilet Training

Anak sulit buang air besar, atau konstipasi, adalah gangguan pencernaan yang umum terjadi. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan konstipasi. Untuk dapat mengatasi dengan cara yang tepat, tentunya Moms perlu terlebih dahulu menceri penyebab anak sulit buang air besar.

 

Nah, walaupun merupakan gangguan pencernaan, penyebab konstipasi tidak selalu karena kondisi saluran pencernaan tidak sehat atau karena asupan zat gizi yang tidak baik lho, Moms. Gangguan pencernaan berupa konstipasi juga kerap terjadi saat ia sedang menjalani toilet training. Yuk simak tips berikut ini untuk membantu mengatasi konstipasi yang terjadi pada anak akibat proses toilet training.

 

  1. Pastikan Si Kecil memang sudah siap untuk toilet training. Jika tidak, yang mungkin terjadi adalah Si Kecil memilih untuk menahan BAB yang kemudian justru membuat anak mengalami gangguan pencernaan yaitu feses mengeras dan anak sulit buang air besar.

 

  1. Dudukkan Si Kecil di toilet secara rutin dan pastikan ia merasa nyaman. Misalnya Moms bisa menggunakan pispot khusus anak, bantalan duduk untuk membantu anak duduk lebih nyaman di toilet biasa dan bahkan memberikan buku bacaan.

 

  1. Dorong anak untuk minum air yang banyak untuk membantu melunakkan feses dan memperlancar gerakan usus apabila ia sudah terlanjur mengalami gangguan pencernaan konstipasi saat toilet training.

 

  1. Tambahkan serat dalam menu makan Si Kecil. Misalnya buah pepaya, mangga, brokoli dan sebagainya. Hal ini untuk mencegah feses keras yang berakibat Si Kecil merasa sakit saat buang air. Rasa sakit dapat menimbulkan kecemasan dan rasa takut untuk BAB sehingga kemudian Si Kecil menahan untuk ke toilet dan malah berakhir dengan siklus konstipasi yang tak berkesudahan.

 

  1. Beri Si Kecil waktu untuk menyesuaikan diri dengan kebiasan baru ini. Apabila Si Kecil memang belum siap untuk BAB sambil duduk di toilet, ajak saja ia ke kamar mandi saat ia menunjukkan tanda-tanda hendak buang air. Walaupun ia kemudian masih buang air di popoknya. Perkenalkan toilet secara bertahap agar Si Kecil merasa nyaman dan tidak menahan BAB yang akan membuat anak mengalami gangguan pencernaan konstipasi nanti.

 

  1. Apabila anak sulit buang air besar terus menerus selama toilet training, yang perlu Moms lakukan adalah mengambil langkah untuk mengatasi konstipasi tersebut terlebih dahulu. Segera konsultasikan dengan dokter sehingga masalah tidak berlarut-larut dan mengakibatkan anak semakin enggan buang air di toilet karena takut merasa sakit.

 

Jangan lupa untuk sepenuhnya mendukung Si Kecil dan bersabar dalam proses toilet training ya, Moms. Dukungan positif dari Moms akan mempermudah proses ini sehingga Si Kecil terhindar dari gangguan pencernaan berupa konstipasi saat toilet training.