Gambar 4 Manfaat DHA dalam Tumbuh Kembang Anak

Manfaat DHA dalam Tumbuh Kembang Anak

Moms tentu sudah sering mendegar istilah DHA yang merupakan kependekan dari Docosa Hexaenoic Acid, bukan? DHA adalah jenis asam lemak omega-3 yang berguna bagi perkembangan penglihatan dan juga perkembangan otak Si Kecil. Mengingat bahwa pencernaan anak yang sehat akan dukung proses tumbuh kembangnya dan ada hubungan antara otak dan sistem pencernaan (gut brain axis), maka untuk memastikan fungsi pencernaan anak maupun otak anak tetap baik dan sehat, Moms perlu memastikan Si Kecil mendapat nutrisi yang dibutuhkan oleh otaknya. Salah satunya adalah omega-3 yang mengandung DHA. Mau tau apalagi manfaat DHA untuk anak? Simak di bawah ini, ya.

 

  1. Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat meningkatkan fungsi otak dan mood anak. Khususnya fungsi otak yang berhubungan dengan kemampuan belajar, daya ingat, dan perkembangan otak. Studi yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition juga menunjukkan bahwa Si Kecil yang ibunya mendapat asupan DHA yang cukup semasa kehamilan memiliki kemampuan memecahkan masalah yang lebih baik.
  2. Penelitian juga menunjukkan bahwa lemak omega-3 dapat mencegah depresi dan kelainan mood pada anak-anak.
  3. Mengurangi gejala asma seperti sakit pada dada, kesulitan bernapas, dan batuk.
  4. Dapat membantu anak yang mengalami gangguan konsentrasi dan hiperaktif (ADHD). Misalnya mengurangi gejala yang umumnya ditunjukkan, seperti hiperaktif, impusif, dan sulit untuk fokus.
  5. Pada 6 bulan pertama kehidupan Si Kecil, DHA dibutuhkan dalam perkembangan sistem syaraf.
  6. Penelitian dari Biological Psychiatry menyebutkan bahwa DHA untuk anak dapat membantu mengurangi gejala depresi.

Tubuh kita tidak dapat menghasilkan DHA sendiri. Karenanya, untuk memastikan DHA untuk anak tercukupi, DHA perlu didapat dari berbagai sumber. Misalnya dari ikan berlemak seperti salmon, tuna, makarel, sarden, dan sebagainya. DHA juga bisa didapat dari susu pertumbuhan yang sudah difortifikasi dengan DHA. Selain itu, DHA juga bisa didapat dari suplemen tambahan. Tetapi tentunya Moms perlu terlebih dahulu berdiskusi dengan dokter anak Si Kecil mengenai pemberian suplemen tersebut, ya.