Gambar 7 Nutrisi untuk Dukung Imunitas Tubuh Anak

Nutrisi untuk Dukung Imunitas Tubuh Anak

Moms, ternyata 80% dari sistem kekebalan tubuh Si Kecil terdapat dalam saluran pencernaannya, lho. Karena itu, untuk dukung imunitas anak dan kesehatan tubuh secara umum, sangat penting untuk menjaga saluran cerna anak sehingga ia tidak mengalami gangguan pencernaan.1 Berkaitan dengan sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh, Si Kecil juga memerlukan asupan nutrisi yang akan mendukung imunitasnya. Mau tau lebih banyak seputar hal ini? Baca penjelasannya berikut ini, ya.

 

Vitamin dan mineral untuk dukung imunitas anak

  • Vitamin C

Vitamin yang satu ini mungkin yang paling dikenal untuk menjaga imunitas anak. Vitamin C salah satunya bekerja memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan antioksidan yang membantu tubuh memerangi infeksi, sehingga penting untuk membantu tubuh tetap sehat. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi, nutrisi lainnya yang juga baik untuk sistem imunitas.

 

  • Vitamin A

Sayur dan buah yang warnanya cerah seperti wortel, ubi, labu dan sebagainya mengandung karoten yang kemudian akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A memiliki efek antioksidan yang akan memperkuat sistem imun tubuh terhadap serangan infeksi.

 

  • Vitamin E

Sama seperti vitamin C, vitamin E juga merupakan antioksidan yang kuat yang membantu tubuh kita melawan infeksi. Vitamin E juga sangat penting untuk mendukung kerja sistem imun tubuh.

 

  • Vitamin D

Vitamin D, yang bisa didapat dari sinar matahari, bekerja menstimulasi pangkreas untuk menghasilkan insulin dan mengatur kerja sistem imun tubuh.

 

  • Folat

Dibutuhkan untuk memproduksi dan menjaga sel-sel tubuh, khususnya pada anak usia dini dimana proses tumbuh kembang sedang berjalan dengan pesat. Kekurangan folat dapat mempengaruhi sistem imun tubuh.

 

  • Zat Besi

Zat besi bekerja membantu tubuh membawa oksigen ke sel-sel tubuh kita. Kekurangan zat besi yang berlebihan dapat mempengaruhi kemampuan sistem imun tubuh memerangi infeksi.

 

  • Selenium

Selenium bekerja sebagai antioksidan yang melindungi tubuh agar tak mengalami kerusakan sel akibat radikal bebas dan juga melindungi tubuh dari penyakit. Selenium juga membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan imunitas.

 

Zinc berperan penting dalam perkembangan dan kerja sel imun dalam tubuh kita. Kekurangan zinc dapat membuat melemahnya respon imun tubuh.

 

Mikrobiota di saluran cerna perlu dijaga

Pencernaan sehat dukung imunitas anak, dan salah satu tanda pencernaan yang sehat adalah jumlah bakteri baik dalam sistem pencernaan yang lebih banyak daripada bakteri jahat. Untuk memastikan hal tersebut, anak perlu mendapat asupan probiotik yang cukup. Probiotik akan membantu kerja pencernaan dan melindungi pencernaan dari serangan bakteri maupun virus sehingga anak tidak mengalami gangguan pencernaan.

 

Karena nutrisi yang disebutkan di atas pada umumnya didapat anak dari makanan dan minuman yang ia santap, tentunya menjadi semakin penting untuk memastikan si Kecil tak mengalami gangguan pencernaan karena sistem pencernaan yang sehat juga dibutuhkan untuk membantu penyerapan nutrisi tersebut ke dalam tubuh Si Kecil.